Sabtu, 24 September 2011

Ringkasan BAB 1

CEPATNYA PERUBAHAN BISNIS GLOBAL

Sudah tidak asa lagi yang namanya ekonomi nasional murni. Bagian dunia yang lain terlalu besar untuk diabaikan, baik sebagai pasar maupun sebagai pesaing. Jika sekolah-sekolah bisinis tidak mengajarkan mahasiswa mereka hal selain cara berpikir secara Internasional, berarti mereka telah menyelesaikan tugas yang penting.”

Perusahaan Multinasioanal, Global, Internasional, dan Tradisional

Sebagian orang menggunakan kata-kata dunia dan global secara bergantian, dengan kata multinasional untuk menjelaskan sebuah bisnis dengan operasi yang tersebar secara internasional, tetapi orang lain mendifinisikan sebuah perusahaan global sebagai perusahaan yang berupaya untuk membakukan operasi-operasi dalam semua bidang fungsional, tetapi yang merespons berbagai pasar nasional apabila diperlukan.

Sesuai dengan definisi yang terakhir tadi, manajemen perusahaan global:

1. Pergi keseluruh dunia untuk mengetahui peluang pasar, ancaman dari para pesaing, sumber sumber produk

2. Berusaha mempertahankan kehadirannya di dalam pasar-pasar utama

3. Mencari persamaan, bukan perbedaan, antara berbagai pasar

Mereka yang memakai istilah global dengan cara ini mendefinisikan sebuah perusahaan multinasional sebagai sejenis induk perusahaan dengan sejumlah operasi luar negeri, masing-masing diberi wewenang untuk menyesuaikan produk-produk dan strategi pasarnya dengan apa yang dianggap oleh para manajer lokal sebagai aspek-aspek unik dari pasar-pasar individual mereka. Beberapa penulis akademik menayarankan pemakaian istilah seperti multidomestik dan multilokal sebagai sinonim untuk definisi multinasioanal ini.

Globalisasi

Definisi yang paling umum yang digunakan dalam bisnis internasional adalah globalisasi ekonomi-integrasi barang-barang, teknologi, tenaga kerja, dan modal yang bersifat internasional; yaitu perusahaan-perusahaan yang mengimplementasikan strategi-strategi global yang menghubungkan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan internasioanal mereka di seluruh dunia.

Kekuatan-kekuatan Globalisasi

1. Politik. Ada kecenderungan terhadap penyatuan dan sosialisasi komunitas global.

2. Teknologi. Kemajuan-kemajuan dalam teknologi komputer dan komunikasi memungkinkan peningkatan aliran gagasan dan informasi yang melewati batas-batas negara, dan memungkinkan para pelanggan mengetahui barang luar negeri.

3. Pasar. Perusahaan-perusahaan yang semakin mendunia juga menjadi pelanggan-pelanggan global. Selama bertahun-tahun, beberapa agen periklanan mendirikan kantor di pasar-pasar luar negeri ketika klien-klien utama merekan memasuki pasar-pasar itu untuk menghindari pesaing mencuri pelanggan mereka.

4. Biaya. Economies of scale untuk mengurangi biaya per unit selalu merupakan tujuan manajemen

5. Kompetesi. Persaingan terus meningkat secara intensif.

Kekuatan-kekuatan di Dalam Lingkungan

Kekuatan-kekuatan itu dapat diklasifikasikan sebagai eksternal atau internal. Kekuatan-kekuatan eksternal biasanya disebut kekuatan-kekuatan yang tidak dapat dikontrol dan terdiri dari:

1. Persaingan

2. Distribusi

3. Ekonomi

4. Sosioekonomi

5. Keuangan

6. Hukum

7. Fisik

8. Politik

9. Sosiokultural

10. Buruh

11. Teknologi

Unsur-unsur yang sedikit dikendalikan oleh manajemen adalah kekuatan-kekuatan internal seperti faktor-faktor produksi (modal, bahan baku, dan tenaga kerja) dan aktivitas-aktivitas organisasi (personalia, keuangan, produksi dan pemasaran)

Lingkungan Domestik

Terdiri atas kekuatan-kekuatan yang tidak dapat dikontrol yang berasal dari negara sendiri yang mempengaruhi kehidupan dan perkembangan perusahaan

Lingkungan Luar Negeri

Kekuatan-kekuatan dalam lingkungan luar negeri adalah sama dengan kekuatan-kekuatan dalam lingkungan domestik, kecuali bahwa kekuatan-kekuatan itu timbul di negara-negara asing

Lingkungan Internasional

Interaksi-interaksi antara kekuatan-kekuatan lingkungan domestik dan kekuatan-kekuatan lingkungan luar negeri dan antara kekuatan-kekuatan lingkungan luar negeri dan dua negara ketika sebuah cabang di suatu negara melakukan bisnis dengan pelanggan-pelanggan di negara lain.


Sumber : Bisnis Internasional, Donald A. Ball (Buku 1 edisi 9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar