Rabu, 12 Oktober 2011

Quiz 1 - Quiz 4

Quiz 1 – 16/09/11

1 Apa yang dimaksud dengan Bisnis?

Serangkaian aktivitas berupa man, money, material, method, machine, untuk mengelola operasional, pemasaran, keuangan, SDM dalam penuh dan bertujuan untuk menghasilkan laba

2 Jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan Bisnis?

3 Jelaskan jenis-jenis lingkungan Bisnis

4 Bagaimana pengaruh lingkungan Bisnis

5 Jelaskan bentuk-bentuk Badan usaha

Perusahaan Perorangan, CV, Perusahaan Terbuka, Firma

6 Jelaskan Manajemen

Manajamen = Suatu aktivitas untuk mengatur, mengelola, merencanakan organisasi

7 Jelaskan Organisasi

8 Jelaskan manajemen pemasaran

9 Sebutkan tugas manager pemasaran

10 Jelaskan Manajemen Keuangan

11 Sebutkan tugas manager keuangan

Membuat laporan laba-rugi perusahaan

12 Jelaskan manajemen operasi

13 Sebutkan tugas manager operasi

14 Jelaskan manajemen SDM

15 Sebutkan tugas manager SDM

16 Jelaskan etika bisnis

17 Jelaskan tanggung jawab sosial

18 Jelaskan peranan teknologi pada bisnis

19 Jelaskan yang dimaksud dengan lingkungan bisnis

Quiz 2 – 16/09/11

1 Jelaskan yang dimaksud dengan bisnis

Aktivitas yang terorganisir untuk menghasilkan barang dan jasa dengan bertujuan untuk mendapatkan laba

2 Jelaskan yang dimaksud dengan Lingkungan Bisnis

Pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan kegiatan yang mencapai tujuan perusahaan

3 Jelaskan yang dimaksud dengan Manajemen

Proses yang khas, yang terdiri atas pengendalian, perencanaan, pengarahan, pengorganisasian yang dilakukan untuk menentukan sasaran melalui pemanfaatan sumber daya

4 Jelaskan yang dimaksud dengan Organisasi

Terdiri dari dua orang / lebih yang bekerja sama dengan cara yang terstrukutur untuk mencapai tujuan

5 Jelaskan yang dimaksud dengan Etika Bisnis

Quiz 3 – 30/09/11

1 Apa yang dimaksud dengan internasional bisnis

Kegiatan permodalan yang bisa melalui investasi langsung ataupun tidak langsung

2 Apa yang dimaksud dengan Bisnis

Serangkaian aktivitas (pemasaran, SDM, Financial, Operation) yang mengelola resources (man, money, method, machine, material, market) yang menghasilkan produk (barang dan jasa) untuk mencapai tujuan (profit, people, planet)

3 Jelaskan lingkungan Bisnis dan berikan gambaran negara masing-masing!

Lingkungan Bisnis

Internal

Eksternal (Makro = ekonomi, politik, budaya, hukum, geografi . Mikro = Pesaing,distributor)

Lingkungan di Arab Saudi memiliki budaya timur yang beriklim panas dan populasinya yang banyak sehingga baik untuk dijadikan bisnis karena banyaknya wisatawan yang datang

Peluang = dari jama’ah haji dapat dijadikan peluang bisnis yang baik

4 Apa yang dumaksud dengan Manajemen

Bekerja melalui orang lain (POAC)

5 Manajemen yang di pegang

Manajemen operasi = proses bisnis untuk efektif dan efisien dalam pembuatan bisnis barang/jasa

6 Sebutkan gambaran ke forwarder dan BKPM

Forwarder = untuk mendapatkan persyaratan eks-imp secara jelas dari forwardernya sendiri kita harus memiliki data yang jelas dan untuk pengiriman barangnya melalui forwarder barang kita dapat aman

BKPM = Kantor permodalan di kota Bandung ada 2 ada BKPM Propinsi yang bertempat di belakang mall BIP dan untuk permodalan di kota di jalan Cianjur Antapani, untuk permodalan sendiri ada 2 jenis yaitu modal asing dan tidak asing. BKPM ini memiliki fungsi untuk mengatur modal para pelaku bisnis

Quiz 4 – 16/09/11

1 Bisnis Internasional

All-involve business transaction that involve 2 or more countries

2 Bentuk-bentuk aktivitas Bisnis Internasional

Ekspor – Impor

Investasi Internasional

Bentuk lain : Lisensi, waralaba

3 Dua komponen dari globalisasi

The globalization of markets

The globalization of production

4 Sebutkan 4 sistem hukum di dunia

Common Law

Civil Law

Religious Law

Bureaaucrasit Law

5 Indonesia masuk yang mana

Indonesia masuk ke Civil Law

6 Peranan teknologi pada Bisnis International

Teknologi sangat berpengaruh pada Bisnis International, Karena dengan teknologi informasi dengan sangat mudah tersebar

Peranannya :

Transportasi

Komunikasi

Liberalisasi Aturan (barang, jasa, sdm, modal)

Rabu, 05 Oktober 2011

Peran Kebudayaan

Karakteristik Kebudayaan
Beberapa karakteristik kebudayaan perlu diperhatikan karena mempunyai relevansi dengan bisnis internasional:
a)Kebudayaan mencerminkan perilaku yang dipelajari (learned behavior) yang ditularkan dari satu anggota masyarakat yang lainnya.
b)Unsur- unsur kebudayaan saling terkait (interrelated)
c)Kebudayaan sanggup menyesuaikan diri (adaptive), artinya kebudayaan berubah sesuai dengan kekuatan- kekuatan eksternal yang mempengaruhi masyarakat tersebut.
d)Kebudayaan dimiliki bersama (shared) oleh anggota- anggota masyarakata tersebut dan tentu saja menentukan keanggotaan masyarakat itu.Orang-orang yang sama-sama memiliki suatu kebudayaan adalah anggota suatu masyarakat; orang- orang yang tidak memilikinya berada diluar batas- batas masyarakat itu

Unsur-unsur sosiokultural(Ball,hal 182-190):
1.Estetika
2. Sikap dan kepercayaan
3. Agama
4. Budaya material
5. Pendidikan
6. Bahasa
7.Organisasi kemasyarakatan
8.Karakteristik hukum
9.Struktur politik

Estetika:

terkait dengan suatu rasa keindahan ,dan selera yang baik diungkapkan dalam seni,drama, musik, cerita rakyat dan tariannya. Perlu diperhatikan masalah warna,symbol dan desain produk.Musik komersial harus ‘mengenal’ selera pangsa pasar yang dituju.

Sikap dan kepercayaan

Mempengaruhi hampir seluruh perilaku manusia dan membantu membawa ketertiban kepada masyarakat dan individu-individunya.contoh:

• sikap terhadap waktu,

• preferensi gender,

• keberhasilan kerja(status, gaji,bonus,komisi), waktu istirahat (siesta-Mexico-Spanyol),

• pekerjaan bergengsi,

• sikap terhadap perubahan,tenggat waktudll

Agama

Etika kerja berdasarkan ajaran Tuhan mempengaruhi sikap terhadap kerja dan keberhasilan.

Contoh

Agama protestan: Memuji kebesaran Tuhan dengan bekerja keras dan hemat,(sama dgn ajaran konfusius)

Hindu: proses hidup,kematian,reinkarnasi.tujuan hidup untuk mencapai nirwana.Mengerti sistim kasta membantu manager membagi kerja.

Islam: kewajiban shalat 5 kali sehari dan bulan puasa,harus menjadi pertimbangan tingkat produktivitas.

Kebudayaan material

Semua obyek buatan manusia dan berhubungan dengan bagaimana orang membuat benda-benda (teknologi) dan siapa membuat apa dan mengapa (ilmu ekonomi). Teknologi adalah bauran pengetahuan yang dapat digunakan yang diterapkan masyarakat dan diarahkan kepada pencapaian tujuan ekonomi dan budaya.

Keunggulan tekhnologi dapat digunakan untuk memungkinkan sebuah perusahaan untuk kompetitif,dapat

dijual, memberikan kepada perusahaan kepercayan untuk memasuki pasar luar negeri,memungkinkan

memperoleh syarat investasi, mengendalikan usaha walau posisi sahamnya minoritas, mengubah

pembagian kerja internasional, membentuk aliansi kompetitif.

Seringkali ada dualisme teknologi, antara yang canggih dan yang primitif. Sebaiknya adalah teknologi tepat guna yang paling cocok dengan masyarakat yang menggunakannya.

Pendidikan

Proses belajar yang memperlengkapi seorang individu untuk mengambil tempatnya dalam masyarakat dewasa. (biasanya pendidikan formal); seringkali dinegara berkembang, pendidikan non formal telah diperoleh sejak usia dini.

Biasanya perusahaan menilai dari tingkat melek huruf, jenis sekolah, jumlah sekolah, mata pelajarnnya dan pengeluaran untuk biaya pendidikan.

Bahasa

Cara berkomunikasi baik lisan tulisan dan isyarat. Bila bahasa berbeda, seringkali digunakan lingua franka atau bahasa penghubung yang digunakan untuk berkomunikasi antara budaya yang berbeda dari suatu bangsa yang memiliki bahasa berbeda.Selain bahasa lisan dan tulisan, bahasa isyarat juga memainkan peranan penting. Gerak isyarat, pintu tertutup vs terbuka, ukuran kantor dan letaknya, jarak pada waktu bercakap-cakap, bahasa pemberian hadiah, hadiah yang dapat diterima

Organisasi kemasyarakatan

Biasanya mengarur hubungan terpola, mendefinisikan dan mengatur cara anggota –anggotanya berhubungan satu sama lain.Tercakup dalam hal ini adalah pertalian keluarga dan keluarga besar.Meskipun keluarga besar luas, rasa tanggung jawab setiap anggota kuat.

Lain halnya dengan asosiasi- unit social berdasarkan atas umur, jenis kelamin, atau minat yang sama bukan atas dasar hubungan keluarga.

Penelitian Geert Hofstede (Swedia) membantu pemahaman budaya berdasarkan 4 dimensi:

• Individualisme vs Kolektifisme

• Jarak kekuasaan besar dan kecil mis dalam pabrik antara supervisor dan kary

• Penghindaran ketidakpastian yang kuat vs yang lemah

• Maskulinitas vs Feminitas

Karakteristik hukum
-
Anglo Saxon
-Hk Belanda dll

Struktur Politik

Presidensial,

Monarkhi,

Liberal dll.

Sumber :

http://ffirmann.wordpress.com/category/bisnis-internasional/

http://ahdasaifulaziz.blogspot.com/2011/06/pengaruh-kebudayaan-terhadap-bisnis.html


Hukum, Teknologi, dan Politik

Sistem hukum ada 4 yaitu :

· Hukum umum

· Hukum sipil

· Hukum agama

· Hukum birokrasi

Hukum Umum

Berdasarkan kebijaksanaan keputusan hakim tentang kasus-kasus individu melalui sejarah
Kasus menciptakan preseden hukum

Hukum Sipil

Berdasarkan kodifikasi apa yang bisa dan tidak dibolehkan
Berasal dari zaman Alkitab dengan Roma
Diperkuat oleh Perancis Napoleon kode
Hakim menentukan lingkup bukti yang dikumpulkan dan disajikan

Hukum Agama

Berdasarkan aturan resmi didirikan mengatur iman dan praktek agama tertentu
Sebuah negara yang berlaku hukum agama untuk melakukan perdata dan pidana disebut teokrasi

Ekonomi dan Politik Dampak MNC di negara tujuan

Alasan utama banyaknya negara berhati-hati sebelum mengizinkan operasi suatu perusahaan multinasional di negaranya adalah dampak-dampak negatif yang mungkin ditimbulkannya. Salvatore paling tidak menyebutkan 6 dampak ini di dalam bukunya,

Terhadap negara asal

  1. Hilangnya sejumlah lapangan kerja domestik. Ini karena perusahaan multinasional mengalihkan sebagian modal dan aktivitas bisnisnya ke luar negeri.
  2. Ekspor teknologi, yang oleh sebagian pengamat, secara perlahan-lahan akan melunturkan prioritas teknologi negara asal dan pada akhirnya mengancam perekonomian negara bersangkutan.
  3. Kecenderungan praktik pengalihan harga sehingga mengurangi pemasukan perpajakan
  4. Mempengaruhi kebijakan moneter domestik.

Terhadap negara tuan rumah:

  1. Keengganan cabang perusahaan multinasional untuk mengekspor suatu produk karena negara tersebut bukan mitra dagang negara asalanya.
  2. Mempengaruhi kebijakan moneter negara yang bersangkutan.
  3. Budaya konsumsi yang dibawa perusahaan tersebut bisa mengubah budaya konsumsi konsumen local dan pada akhirnya mematikan unit-unit usaha tradisional.

Dan tentu saja dampak-dampak lainnya masih banyak mengingat masalah ini adalah masalah yang kompleks. Mulai dari politik yang mempengaruhinya, belum lagi bidang lainnya yang mempengaruhi dan dipengaruhi baik di bidang sosial, budaya, pendidikan dan sebagainya.

Sumber : http://adinugroho5.wordpress.com/2010/11/18/dampak-dampak-negative-perusahaan-multinasional-mnc-serta-penanggulangannya/

Perdagangan internasional

Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun, dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.

Teori Perdagangan Internasional

Menurut Amir M. S., bila dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangan di dalam negeri, perdagangan internasional sangatlah rumit dan kompleks. Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena adanya batas-batas politik dan kenegaraan yang dapat menghambat perdagangan, misalnya dengan adanya bea, tarif, atau quota barang impor.

Selain itu, kesulitan lainnya timbul karena adanya perbedaan budaya,bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, dan hukum dalam perdagangan.

Manfaat perdagangan internasional

Menurut Sadorno Sukirno, manfaat perdagangan internasional adalah sebagai berikut.

  • Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri
    Banyak faktor-faktor yang memengaruhi perbedaan hasil produksi di setiap negara. Faktor-faktor tersebut di antaranya : Kondisi geografi, iklim tingkat penguasaan iptek dan lain-lain. Dengan adanya perdagangan internasional, setiap negara mampu memenuhi kebutuhan yang tidak diproduksi sendiri.
  • Memperoleh keuntungan dari spesialisasi
    Sebab utama kegiatan perdagangan luar negeri adalah untuk memperoleh keuntungan yang diwujudkan oleh spesialisasi. Walaupun suatu negara dapat memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang diproduksi oleh negara lain, tapi ada kalanya lebih baik apabila negara tersebut mengimpor barang tersebut dari luar negeri.
  • Memperluas pasar dan menambah keuntungan
    Terkadang, para pengusaha tidak menjalankan mesin-mesinnya (alat produksinya) dengan maksimal karena mereka khawatir akan terjadi kelebihan produksi, yang mengakibatkan turunnya harga produk mereka. Dengan adanya perdagangan internasional, pengusaha dapat menjalankan mesin-mesinnya secara maksimal, dan menjual kelebihan produk tersebut keluar negeri.
  • Transfer teknologi modern
    Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efesien dan cara-cara manajemen yang lebih modern.

Faktor pendorong

Banyak faktor yang mendorong suatu negara melakukan perdagangan internasional, di antaranya sebagai berikut :

  • Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri
  • Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara
  • Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi
  • Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut.
  • Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, budaya dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi.
  • Adanya kesamaan selera terhadap suatu barang.
  • Keinginan membuka kerja sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain.
  • Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_internasional