Sabtu, 24 September 2011

Ringkasan BAB 1

CEPATNYA PERUBAHAN BISNIS GLOBAL

Sudah tidak asa lagi yang namanya ekonomi nasional murni. Bagian dunia yang lain terlalu besar untuk diabaikan, baik sebagai pasar maupun sebagai pesaing. Jika sekolah-sekolah bisinis tidak mengajarkan mahasiswa mereka hal selain cara berpikir secara Internasional, berarti mereka telah menyelesaikan tugas yang penting.”

Perusahaan Multinasioanal, Global, Internasional, dan Tradisional

Sebagian orang menggunakan kata-kata dunia dan global secara bergantian, dengan kata multinasional untuk menjelaskan sebuah bisnis dengan operasi yang tersebar secara internasional, tetapi orang lain mendifinisikan sebuah perusahaan global sebagai perusahaan yang berupaya untuk membakukan operasi-operasi dalam semua bidang fungsional, tetapi yang merespons berbagai pasar nasional apabila diperlukan.

Sesuai dengan definisi yang terakhir tadi, manajemen perusahaan global:

1. Pergi keseluruh dunia untuk mengetahui peluang pasar, ancaman dari para pesaing, sumber sumber produk

2. Berusaha mempertahankan kehadirannya di dalam pasar-pasar utama

3. Mencari persamaan, bukan perbedaan, antara berbagai pasar

Mereka yang memakai istilah global dengan cara ini mendefinisikan sebuah perusahaan multinasional sebagai sejenis induk perusahaan dengan sejumlah operasi luar negeri, masing-masing diberi wewenang untuk menyesuaikan produk-produk dan strategi pasarnya dengan apa yang dianggap oleh para manajer lokal sebagai aspek-aspek unik dari pasar-pasar individual mereka. Beberapa penulis akademik menayarankan pemakaian istilah seperti multidomestik dan multilokal sebagai sinonim untuk definisi multinasioanal ini.

Globalisasi

Definisi yang paling umum yang digunakan dalam bisnis internasional adalah globalisasi ekonomi-integrasi barang-barang, teknologi, tenaga kerja, dan modal yang bersifat internasional; yaitu perusahaan-perusahaan yang mengimplementasikan strategi-strategi global yang menghubungkan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan internasioanal mereka di seluruh dunia.

Kekuatan-kekuatan Globalisasi

1. Politik. Ada kecenderungan terhadap penyatuan dan sosialisasi komunitas global.

2. Teknologi. Kemajuan-kemajuan dalam teknologi komputer dan komunikasi memungkinkan peningkatan aliran gagasan dan informasi yang melewati batas-batas negara, dan memungkinkan para pelanggan mengetahui barang luar negeri.

3. Pasar. Perusahaan-perusahaan yang semakin mendunia juga menjadi pelanggan-pelanggan global. Selama bertahun-tahun, beberapa agen periklanan mendirikan kantor di pasar-pasar luar negeri ketika klien-klien utama merekan memasuki pasar-pasar itu untuk menghindari pesaing mencuri pelanggan mereka.

4. Biaya. Economies of scale untuk mengurangi biaya per unit selalu merupakan tujuan manajemen

5. Kompetesi. Persaingan terus meningkat secara intensif.

Kekuatan-kekuatan di Dalam Lingkungan

Kekuatan-kekuatan itu dapat diklasifikasikan sebagai eksternal atau internal. Kekuatan-kekuatan eksternal biasanya disebut kekuatan-kekuatan yang tidak dapat dikontrol dan terdiri dari:

1. Persaingan

2. Distribusi

3. Ekonomi

4. Sosioekonomi

5. Keuangan

6. Hukum

7. Fisik

8. Politik

9. Sosiokultural

10. Buruh

11. Teknologi

Unsur-unsur yang sedikit dikendalikan oleh manajemen adalah kekuatan-kekuatan internal seperti faktor-faktor produksi (modal, bahan baku, dan tenaga kerja) dan aktivitas-aktivitas organisasi (personalia, keuangan, produksi dan pemasaran)

Lingkungan Domestik

Terdiri atas kekuatan-kekuatan yang tidak dapat dikontrol yang berasal dari negara sendiri yang mempengaruhi kehidupan dan perkembangan perusahaan

Lingkungan Luar Negeri

Kekuatan-kekuatan dalam lingkungan luar negeri adalah sama dengan kekuatan-kekuatan dalam lingkungan domestik, kecuali bahwa kekuatan-kekuatan itu timbul di negara-negara asing

Lingkungan Internasional

Interaksi-interaksi antara kekuatan-kekuatan lingkungan domestik dan kekuatan-kekuatan lingkungan luar negeri dan antara kekuatan-kekuatan lingkungan luar negeri dan dua negara ketika sebuah cabang di suatu negara melakukan bisnis dengan pelanggan-pelanggan di negara lain.


Sumber : Bisnis Internasional, Donald A. Ball (Buku 1 edisi 9)

Selasa, 13 September 2011

Tugas Bisnis Internasional

Apa yang dimaksud dengan bisnis?

Aktivitas-aktivitas yang terorganisir untuk menghasilkan barang dan jasa dengan bertujuan untuk mendapatkan laba

Jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan bisnis?

Sebagai seluruh pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan kegiatan guna mencapai tujuan perusahaan

Jelaskan jenis-jenis lingkungan bisnis?

Lingkungan Umum (Makro) = Faktor yang dapat menimbulkan dampak yang luas dan menyeluruh kepada semua perusahaan dalam suatu perekonomian

Lingkungan Khusus (Mikro) = Unsur-unsur dalam kegiatan sistem pasar yang mempengaruhi perusahaan

Bagaimana pengaruh lingkungan bisnis?

Untuk memperjelas perkembangan yang terjadi di lingkungan, semua hal ini tidak lain agar perusahaan dapat menjalankan aktivitas bisnisnya dengan lancar sehingga tujuannya tercapai

Jelaskan bentuk-bentuk badan usaha!

a. Badan usaha berbentuk badan hukum

Perseroan Terbatas (PT), Koperasi, Yayasan

b. Badan usaha yang dimiliki pemerintah

BUMN, Perusahaan Jawatan/PERJAN, Perusahaan Umum/PERUM, PERSERO, BUMD

c. Bentuk-bentuk penggabungan usaha

Joint Venture, Trust, Holding Company, Sindikat, Kartel

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Manajemen!

Proses yang khas, yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Organisasi!

Terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerja sama dengan cara yang terstruktur untuk mencapai suatu tujuan

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Manajemen Pemasaran!

Suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain (Philip Kotler)

Sebutkan tugas manager pemasaran!

Bertanggung jawab pada manajemen bagian pemasaran

Membuat laporan pemasaran kepada direksi

Sebagai koordinator manajer produk dan manajer

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Manajemen Keuangan!

Salah satu fungsi operasional perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan yang pada dasarnya dapat dilakukan baik oleh individu, perusahaan maupun pemerintah

Sebutkan tugas manager keuangan!

Mengatur struktur aktiva (struktur kekayaan perusahaan)

Mengatur struktur finansial

Mengatur struktur modal

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Manajemen Operasi!

Segala kegiatan dalam menciptakan dan menambah kegunaan (utility) sesuatu barang atau jasa (Sofyan Assuri)

Sebutkan tugas manager operasi!

Membuat marketing plan untuk setiap produk yang menjadi tanggung jawabnya

Membuat laporan tentang pelaksanaan marketing plan

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Manajemen SDM!

Suatu pengelolaan dan pendayagunaaan sumber daya yang ada pada individu atau pegawai

Sebutkan tugas manager sdm!

Melakukan persiapan dan seleksi tenaga kerja / Preparation and selection

Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai / Compensation and protection

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Etika Bisnis!

Studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis (Velasquez, 2005)

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Tanggung Jawab Sosial!

Komitmen perusahaan yang berkelanjutan untuk selalu bertindak etis dan memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi sembari meningkatkan kualitas hidup para karyawan dan keluarganya, komunitas lokal maupun masyarakat luas (Holmes dan Watts)

Jelaskan peranan teknologi pada bisnis

Pada saat ini informasi menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan bisnis, dengan dukungan teknologi informasi, informasi semakin mudah diperoleh tanpa dibatasi ruang dan waktu

Jelaskan yang dimaksud dengan Bisnis Global!

Bisnis yang jangkauan kerjanya sampai ke lebih dari satu negara alias banyak negara


Sumber :

(Irma Nilasari dan Sri Wiludjeng;2006)

http://eko-trisna.blogspot.com/2010/01/tugas-manajer-pemasaran.html

http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2060429-fungsi-dan-tugas-manajer-keuangan/

http://eko-trisna.blogspot.com/2010/01/tugas-manajer-produk.html

http://www.organisasi.org/definisi_pengertian_tugas_fungsi_manajemen_sumber_daya_manusia_sdm_ilmu_ekonomi_manajemen_manajer_msdm

http://andyhariman.blogspot.com/2010/01/pengertian-etika-bisnis.html

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20070729225950AAnKoby